Sunday, September 14, 2008

Gajah Sirkus

Saya pernah mendengar cerita dari seorang kawan yang cukup menginspirasi saya dalam mengambil keputusan-keputusan dalam menangkap setiap peluang yang menghampiri saya.Mungkin di antara anda juga sudah pernah mendengarkan cerita mengenai gajah sirkus ini, saya akan menceritakan dengan versi saya,tanpa mengurangi maksud dari cerita tersebut.
Diceritakanlah ada sorang pemain sirkus mempunyai seekor gajah yang sangat besar dan pintar bermain sirkus. Pada suatu hari di sebuah pasar malam pemain sirkus itu mengadakan pertunjukan bersama sang gajah. Setelah pertunjukan selesai,Si Pemain sirkus meninggalkan gajahnya di belakang arena sirkusnya dengan mengikatkan seutas tali pada kaki sang gajah. Dengan santainya sang gajah duduk manis ditempat itu menunggu sang majikan. Dia tidak bisa kemana-mana karena kakinya terikat tali. Kepatuhan sang gajah ini dikarenakan semenjak dia kecil, dia telah dibiasakan kakinya diikat dengan rantai yang diikatkan pada sebuah batang yang kokoh,sehingga setiap dia mencoba untuk kabur,kakinya akan terasa sakit akibat tarikan dari rantai tersebut. Nah, karena hal ini berlangsung lama dan setiap dia mencoba kabur, selalu mengalami kesakitan, maka sang gajah mulai jinak dan patuh serta tidak memiliki keinginan untuk kabur karena merasa dia tidak mungkin kabur.
Tragisnya, pada malam itu terjadi sebuah kebakaran besar di arena pasar malam dan juga menyapu areal sirkus. Tak luput pula sang gajah ikut mati terpanggang. Ironis memang, gajah yang demikian besar dan kuat akhirnya mati terpanggang ditengah kebakaran. Dia tidak bisa berlari membebaskan diri dari ikatan dikakinya karena ia merasa tidak bisa karena selama ini dia sudah pernah mencobanya, tapi tak pernah berhasil dan hanya menimbulkan rasa sakit saja.
Dari cerita diatas, dapat kita petik bahwa pikiran kita memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kesuksesan kita. Coba anda bayangkan, bila sang gajah memiliki pikiran bahwa dia pasti bisa bebas, saya yakin seluruh pasar malam bisa habis diamuk olehnya. Begitupun kita, pikiran kita harus dibebaskan dari belenggu negatif agar potensi kita bisa maksimal. Jangan biarkan pengaruh-pengaruh negatif menguasai pikiran kita. Semuanya berawal dari pikiran, anda pikir bisa, maka pasti bisa. Semuanya kembali ke diri anda, apakah mau sukses ataukah mau menjadi "gajah sirkus". Selamat berjuang.

No comments: